BERITA
Cover (2)
Updates

5 SPOT WISATA WAJIB DIKUNJUNGI DI UZBEKISTAN

18 March 2020
1. Samarkand


        Samarkand merupakan kota tua yang masuk dalam list warisan dunia UNESCO. Tampilan berbagai bangunan tua yang megah di kota ampuh menarik para wisatawan. Samarkand memiliki banyak monumen bersejarah yang masih kokoh berdiri dan menjadi bukti kejayaan Islam di masa lalu. Kalian bisa menemukan Kubah Pirus Samarkand yang menjadi simbol arsitektur kota yang sangat indah.

        Masjidnya terletak di bagian kiri halaman bagian dalam dengan kapasitas sekitar 1.500 Muslim. Dinding bangunan berhias lembaran mengkilap berwarna hijau, biru, dan putih, juga marmer, onyx, dan granit. Lantainya terdapat banyak dekorasi dan bagian dalam kubah ditutupi dengan ornamen berwarna indah.

2. Makam Imam Al Bukhari

        
        Kompleks Makam Imam Al Bukhariy berada di dekat Samarkand. Arsitektur yang disajikan menggunakan tradisi dan arsitektur nasional. Kompleks ini terdiri dari sebuah makam, masjid, kantor administratif, dan beberapa bangunan lainnya. Makam Imam Al Bukhariy berada di tengah kompleks. Bangunan makam ini berbentuk kubus yang tertutup kubah sepanjang 17 meter. Makam teolog ini ditutupi dengan marmer dan terletak di atas sebuah panggung.

3. Registan Square

       
        Registan Square adalah sebuah komplek edukasi dari abad pertengahan yang memiliki gedung madrasah besar dan masjid. Komplek Registan Square ini merupakan destinasi wisata utama di Samarkand yang hampir tidak pernah sepi pengunjung lokal maupun asing. Sekarang, ruangan-ruangan disini digunakan untuk menjual hasil kerajinan tangan dan produk khas setempat oleh para pedagang.

4. Tashkent

       
         Sebuah ota tua dengan usia yang sudah berabad-abad. Kota ini dulunya disebut Chach, Shash atau Binkent. Tashkent dulunya juga merupakan lokasi pemberhentian dalam rute perdagangan Jalur Sutra dari Asia menuju Eropa. Disini, terdapat banyak tempat-tempat bersejarah, seperti Khazret-Imam Mosque, Genuine Muskhafe-Usman Koran, Amir Temur Square & Museum, Kukeldash Madrassah, Old Town, sampai Independence Square

5. Bukhara

       
        Bukhara berada tak jauh dari sungai Oxus. Di kota kelahiran Imam Bukhari ini, pengunjung dapat menikmati beragam bangunan indah yang menjadi bukti perkembangan peradaban Islam di masa lampau.

        Menjelajahi Uzbekistan tentu akan menjadi pengalaman yang berbeda yang tidak akan pernah dilupakan tentunya. Yuks, liburan murah ke Uzbekistan bersama Darius Tour!