BERITA
DariusTour-Instagram-Artikel-2_1
Updates

Kesiapan menghadapi Virus Corona

17 March 2020

Corona Virus telah menyerang ribuan orang di berbagai negara. Agar tidak terkena penyakit infeksi yang sedang mewabah ini, Virus ini diperkirakan berasal dari hewan, dan bisa menular dari hewan ke manusia, serta dari manusia ke manusia.

Namun, tak perlu panik dengan adanya wabah Virus Corona. kita hanya perlu antisipasi dengan segera melakukan berbagai tindakan untuk mencegah Virus tersebut. Berikut langkah yang bisa dilakukan untuk mencegahnya :

1.   Mencegah Tangan dengan benar

Mencuci tangan dengan benar adalah cara paling sederhana namun efektif untuk mencegah penyebaran virus 2019-nCoV. Cucilah tangan dengan air mengalir dan sabun, atau antiseptik setidaknya selama 20 detik. Pastikan seluruh bagian tangan tercuci hingga bersih, termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari, dan kuku. Setelah itu, keringkan tangan menggunakan tisu, handuk bersih.

2. Tutupi hidung bila batuk atau bersin

Menutup mulut saat bersin atau batuk bisa mencegah penyebaran virus Corona ke orang lain. Tapi cara menutup mulut pun harus tepat. Kamu tidak bisa menutup mulut dengan telapak tangan telanjang karena jika setelahnya kamu menyentuh benda di tempat umum, benda tersebut akan ikut terpapar virus.

3. Hindari kontak dekat dengan penderita flu

Ada baiknya menjaga kontak dengen penderita flu, jarak 2-3 kaki dari orang lain juga dianjurkan. Karena penyebaran virus corona adalah droplet, artinya menyebar dari air liur ataupun cairan tubuh yang keluar saat berbicara, batuk dan bersin.

4. Jangan berbagi alat makan, gelas dan handuk 

Usahakan sediakan alat makan, gelas, dan handuk masing-masing. Ketika menyiapkan makanan, gunakan sendok saji pada setiap makanan yang dihidangkan jangan mencampuri sendok makan yang kita gunakan untuk mengambil makanan. Begitu juga dengan gelas dan handuk, setiap anggota keluarga harus punya masing-masing ya! Beritahu si kecil agar tidak makan-makanan dari luar dulu. Lebih baik untuk membawa bekal dari rumah saja untuk saat ini.

5. Jika mengalami batuk, deman segera periksa

Jika kamu mengalami gejala batuk atau sesak nafas yang tak kunjung sembuh lebih dari 1 minggu dan disertai demam tinggi, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebabnya.

Nah, itu dia beberapa penjelasan singkat dari dariustour.com cara untuk menghadapi Virus Corona.
Semangat tetap tenang dan tetap jaga kesehatan diri kalian ya sobat.